Secara medis, rasa humor dapat membantu
mengatasi rasa sakit, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan
bahkan dapat memperpanjang usia. Secara sosio-psikologis, rasa humor
dapat membantu mengurangi stress dan kecemasan, mempermudah interaksi
sosial, dan dapat membantu pengambilan keputusan yang lebih baik di
tengah-tengah situasi yang sulit. Mitchell Ditkoff menyebutkan bahwa
humor merupakan salah satu ciri orang inovatif. Sementara, James C.
Coleman mengatakan bahwa membangkitkan rasa humor merupakan salah satu
cara untuk memelihara emosi yang konstruktif.
Bagi guru, memiliki rasa humor merupakan
modal personal yang sangat berharga sekaligus dapat menjadi daya pikat
tersendiri di mata siswanya. Rasa humor guru sangat berguna dalam upaya
menciptakan iklim kelas dan pengembangan proses pembelajaran yang lebih
sehat dan menyenangkan. Bahkan, Melissa Kelly menyebutkan bahwa rasa humor merupakan salah satu kunci untuk menjadi guru yang sukses. Menurut
Melissa, rasa humor guru dapat meredakan ketegangan suasana dan dapat
mencegah timbulnya perilaku disruptif siswa di kelas, serta bisa
dijadikan sebagai cara untuk menarik perhatian siswa di kelas. Dan yang
paling penting, dengan rasa humor yang dimilikinya, seorang guru akan
menunjukkan bahwa dia adalah sosok orang yang memiliki kepribadian dan
mental yang sehat, dapat menikmati hidup, serta mampu menjalani
kehidupan kariernya secara wajar tanpa stress
Meski di bangku kuliah tidak pernah
diberikan mata kuliah yang secara khusus mengkaji tentang pengembangan
rasa humor di kelas, tetapi disini tampak terang bahwa guru perlu
berlatih dan membiasakan diri untuk memiliki kemampuan mengembangkan
rasa humor di kelas.
Dalam praktiknya, mengembangkan rasa
humor di kelas tidak bisa dilakukan secara serampangan tetapi memerlukan
cara dan kiat tersendiri. Berikut ini beberapa ide yang sering saya
praktikkan di kelas.
- Hubungkan dengan materi yang sedang diajarkan. Mungkin ini ide yang paling sulit untuk diterapkan karena tidak semua materi yang kita ajarkan kepada siswa bisa disisipi humor,– khususnya bagi Anda yang kurang terbiasa berartikulasi. Tetapi jika Anda mampu melakukannya, maka humor yang dikoneksikan dengan materi pelajaran bisa diyakini sebagai bentuk reinforcement yang dapat membantu siswa untuk mencerna dan menyimpan informasi secara lebih baik dalam sistem memori jangka panjangnya.
- Gunakan video atau gambar yang relevan. Untuk ide yang kedua ini, mungkin tidak sesulit ide yang pertama. Cukup dengan menggunakan jasa Eyang Google atau mesin pencari lainnya, Anda bisa mencari dan menemukan aneka video dan gambar yang dibutuhkan untuk kepentingan pengembangan rasa humor di kelas. Konten video atau gambar tidak harus persis identik dengan materi yang akan diajarkan, yang penting bisa dicari kaitannya (dihubung-hubungkan). Selanjutnya, sajikanlah video atau gambar tersebut di kelas secara atraktif. Usahakan setelah usai penayangan, mintalah kepada siswa untuk merefleksi tayangan tersebut, dikaitkan dengan materi yang sedang diajarkan.
- Lakukan pada waktu dan situasi yang tepat. Mengembangkan rasa humor tidak harus dilakukan sepanjang waktu pelajaran, karena Anda tidak sedang melawak di kelas. Sajikan rasa humor Anda ketika siswa Anda membutuhkannya. Misalnya, ketika siswa mulai menunjukkan tanda-tanda kejenuhan atau ribut di kelas. Usahakan jangan mengulang topik humor yang sama pada kelas yang sama, Jika Anda mengulanginya, bukan kegembiraan siswa yang akan didapat tetapi malah mungkin menjadi sesuatu yang membosankan dan menyebalkan.
- Sampaikan secara etis dan tidak melecehkan siswa. Interaksi antara guru dengan siswa adalah interaksi pendidikan. Oleh karena itu, ketika Anda hendak menyampaikan humor di kelas harus tetap dalam bingkai pendidikan, baik dari segi konten maupun cara penyampaiannya. Hindari humor jorok dan berbau SARA, serta hindari bentuk humor yang dapat melukai harga diri seseorang, khususnya siswa, sekalipun humor itu sangat lucu dan dapat mengundang sebagian besar orang untuk tertawa dan bergembira.
- Mudah dipahami dan sesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa. Seorang guru berusaha mengembangkan humor tertentu di kelas, yang menurut dia humor itu sangat lucu, tetapi ternyata reaksi dari siswa malah datar-datar saja. Sangat mungkin hal ini disebabkan oleh konten humor yang terlalu tinggi sehingga sulit dicerna oleh pikiran siswa. Oleh karena itu, pilihlah secara jeli konten humor yang sesuai dengan daya tangkap siswa dan tingkat perkembangan siswa.
Begitulah ide dan pengalaman sederhana
saya tentang bagaimana mengembangkan rasa humor di kelas. Tentu masih
banyak ide dan pengalaman cerdas lainnya dari Anda, dan mari kita
diskusikan di ruang komentar yang telah disediakan untuk memperkaya
pemahaman kita tentang bagaimana mengembangkan rasa humor di kelas dan
menciptakan kelas yang lebih menyenangkan.
Selamat berhumor ria dan mari kita
belajarkan siswa-siswa kita dengan penuh suka cita agar mereka menjadi
orang-orang yang berbahagia!
1 komentar:
Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
Yang Ada :
TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
Sekedar Nonton Bola ,
Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
Website Online 24Jam/Setiap Hariny
Posting Komentar